Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

wibiya widget

My Blog List

flag counter

daftar menu

Loading...
Tag this on nabtag

twiter

Recent Comments

google seacrh


  • Web
  • alwafaalmuttaqiin
  • buku tamu

    google translite


    clock

    Voting

    My Ballot Box
    Bagaimana Menurutmu blog ku ni ?







    wibiya widget

    Sabtu, 09 Juni 2012

    ORANG YANG MEMBANGGAKAN NENEK MOYANGNYA YANG KAFIR

    ORANG YANG MEMBANGGAKAN NENEK
    MOYANGNYA YANG KAFIR



    PENGANTAR
    Ini  adalah  kisah  dua  orang  laki-laki.  Salah  seorang  dari
    keduanya   menyombongkan  diri  dengan  leluhurnya   yang
    kafir. Dia  menisbatkan diri kepada  sembilan  leluhur, dan
    semuanya    kafir.      Orang     kedua    membanggakan     nenek
    moyangnya  yang  muslim  dan  penisbatan  dirinya  kepada
    Islam.  Maka   Allah  membinasakan  amal  orang  pertama.
    Dia    dikumpulkan   bersama     leluhurnya    di   Neraka.   Dan
    Allah          menyelamatkan           orang          kedua,          dengan
    mengumpulkannya  bersama  leluhurnya di Surga.


    NASH HADIS
    Ahmad  meriwayatkan  dalam  Musnad-nya   dari  Ubay   bin
    Kaab     berkata,     "Ada     dua     orang     yang     menyebutkan
    nasabnya  pada  zaman Rasulullah. Salah seorang berkata,
    'Aku  adalah  fulan  bin  fulan.  Lalu  kamu  siapa,  tidak  ada
    ibu   bagimu?"   Rasulullah   pun   bersabda,   "Ada   dua   orang
    yang  menyebut   nasab  mereka   pada   zaman  Musa.  Salah
    seorang dari mereka  berkata, 'Aku adalah fulan bin  fulan
    (sampai  dia  menyebut  sembilan  orang  leluhurnya).  Lalu
    kamu siapa,. tidak ada  ibu bagimu?'  Yang lain menjawab,
    'Aku   adalah   fulan   bin   fulan   bin   Islam.'   Nabi   bersabda,
    "Lalu  Allah  mewahyukan  kepada  Musa  tentang  dua  orang
    yang     membanggakan     nasab     mereka     berdua.     ''Kamu,
    wahai  orang  yang  menisbatkan  dirimu  kepada  sembilan
    leluhur,     semuanya     di    Neraka     dan    kamu    orang    yang
    kesepuluh. Adapun kamu,  wahai orang yang menisbatkan
    dirimu  kepada   dua   orang  di  Surga,  maka   kamu  adalah
    orang ketiga  yang di Surga."


    TAKHRIJ  HADIS
    Hadis   ini   diriwayatkan  oleh  Ahmad  dalam  Musnad-nya,
    5/128. Al-Albani dalam Silsilah Ahadis  Shahihah (3/265),
    no.  1270  menisbatkannya  kepada  Ahmad  dalam  Musnad-
    nya,  Adh-Dhiya'  dalam  Al-Mukhtarah  dan  Baihaqi  dalam
    Syuabul    Iman.    Albani    berkata,     "Ini    sanadnya    shahih.
    Rawi-rawi  adalah  rawi-rawi  Syaikhain,  kecuali  Yazid  bin
    Abu Ziyad bin Abul Jaad. Dia  tsiqah."


    PENJELASAN  HADIS
    Tuhan  kita  memberitahukan  tentang  hakikat  besar  yang
    memiliki       pengaruh        mendalam        pada        masyarakat
    seluruhnya.   Dia     memberitahu   kita     bahwa    kita   semua
    kembali   kepada   satu   asal   usul,   bapak   yang   satu.   Asal
    usul  kita  yang  darinya  kita  diciptakan  adalah  tanah,  dan
    bapak kita  semua adalah Adam, "Kalian semua dari Adam
    dan Adam dari tanah."

    Oleh karena  itu tidak ada  keistimewaan bagi ras  tertentu
    dengan  melihat   asal  usul  dari  mana   ia   diciptakan.  Apa
    yang  diklaim  bahwa  ras  ini  dari  keturunan  Tuhan,  atau
    bangsa   atau   suku   ini   memiliki   darah   biru.   Semua   itu
    adalah   kebohongan   dan   kedustaan.   Kebatilannya   tidak
    kurang  dari  klaim  yang  menyatakan  bahwa  asal  usulnya
    adalah  emas   atau  perak,  sementara   manusia   yang  lain
    berasal      dari     tanah     atau     besi     atau     tembaga     atau
    kuningan.

    Hakikat  ini,  yaitu  bahwa  manusia  berasal  dari  asal  usul
    yang  satu,  jika  orang-orang  bisa  meyakininya,  maka  hal
    ini    menjadikan     mereka     bersikap    tawadhu'     di    antara
    sesama,  sebagian  tidak  sewenang-wenang  kepada   yang
    lain   meski   jenis,   warna,   dan   negara   mereka   berbeda-
    beda. Perbedaan di antara  manusia dalam bentuk, warna
    dan   perbedaan   mereka   menjadi   berbangsa-bangsa   dan
    bersuku-suku bukan kembali kepada  keunggulan sebagian
    di  atas   sebagian  yang  lain,  akan  tetapi  itu  merupakan
    salah   satu   tanda   kekuasaan   Allah   agar   manusia   saling
    mengenal   dengan   identitas   masing-masing.   Seandainya
    seluruh    manusia     berparas      satu    dan     bernama     satu,
    niscaya      mereka      tidak      bisa      saling      mengenal      dan
    membedakan.  Allah  yang  Maha  Benar  telah  menetapkan
    hakikat     besar     ini    pada     firman-Nya,      "Hai     manusia,
    sesungguhnya  Kami  menciptakan kamu dari  seorang laki-
    laki     dan    seorang     perempuan    dan    menjadikan     kamu
    berbangsa-bangsa  dan  bersuku-suku  supaya  kamu  saling
    kenal mengenal." (QS. Al-Hujurat: 13)

    Akan  tetapi,  hakikat  besar  ini  yang  semestinya  menjadi
    landasan   interaksi   di   antara   anggota   satu   ras   dan   di
    antara     ras-ras     dan    bangsa-bangsa      sedang     berangsur
    menghilang dari hati dan akal pikiran. Maka, kita  melihat
    manusia  dalam  level  pribadi,  keluarga  dan  masyarakat,
    yang    sebagian     bertindak     sewenang-wenang      terhadap
    yang   lain.   Masing-masing   mengklaim   bahwa   dia   lebih
    baik,  lebih  unggul,  dan  lebih  sempurna.  Keunggulan  ini
    dikembalikan  kepada  jenisnya  atau  warna  kulitnya  atau
    leluhurnya       atau      kotanya       atau      negaranya.       Kamu
     
    melihatnya  berpijak kepada  hal ini dengan memuji orang
    yang   menisbatkan   diri   kepada   mereka,  membanggakan
    mereka,  dan  mencela  yang  lain.  Dan  terkadang  terjadi
    perang   yang   ganas   hingga   memakan   segalanya,   hanya
    demi   membela    fanatisme    Jahiliyah    yang    dilandaskan
    kepada  asal usul yang busuk dan kotor.

    Seseorang  tidak  lebih  baik  dari  lainnya  dalam  timbangan
    Islam            dengan            ketinggiannya,             kegagahannya,
    ketampanannya,      warnanya,      kabilahnya,      dan    tempat
    tinggalnya.     Keunggulan     dalam    Islam    kembali    kepada
    ketaqwaan     dan    kebaikan.     "Sesungguhnya    orang    yang
    paling  mulia  di  antara  kamu  di  sisi  Allah  adalah  orang
    yang  paling  bertaqwa  di  antara  kamu."  (QS.  Al-Hujurat:
    13)

    Manusia      mulia     dengan     kemuliaan      leluhurnya      yang
    bertaqwa,  jika   dia   mencintai  mereka,  berjalan  di  atas
    jalan  mereka  dan  melakukan  apa  yang  mereka  lakukan,
    sebagaimana     diucapkan   oleh   orang   yang   mulia,   anak
    orang  yang   mulia,   anak   orang   yang   mulia,   anak   orang
    yang  mulia  Yusuf  bin  Ya'qub  bin  Ishaq  bin  Ibrahim,  "Dan
    aku mengikuti  agama  bapak, bapakku Ibrahim, Ishaq dan
    Ya'qub." (QS. Yusuf: 38)

    Adapun   membanggakan   leluhur      yang   kafir,   pemimpin
    yang  fajir,  dan  kepemimpinan  yang  menebar  kerusakan
    di   bumi,   semua   itu   merupakan   kebatilan,   juga   potret
    penyimpangan          seseorang          dalam          pemikirannya,
    asumsinya, dan perbuatannya.

    Ubay    bin   Kaab   memberitahukan   kepada       kita    tentang
    salah  satu  bentuk  kebatilan  ini  yang  terjadi  pada  masa
    Rasulullah. Dua  orang berselisih, maka  salah seorang dari
    keduanya  membanggakan  kebesaran  asal  usul  nasabnya,
     menyodorkan      leluhur     dan     nenek     moyangnya,      dan
    mencibir   temannya   dengan   ucapan,   "Aku   adalah   fulan
    bin fulan. Lalu kamu itu siapa, tidak ada  ibu bagimu?"
    Maka   Rasulullah   menyuapi   orang   yang   membanggakan
    leluhurnya  yang  kafir  ini  dengan  sebuah  pelajaran  yang
    membuatnya    jera.   Orang   sepertinya   akan   jera        untuk
    mengulangi   kebatilan   ini.   Nabi   menyampaikan   kepada
    mereka  bahwa  di  kalangan  Bani  Israil  pada  zaman  Musa
    terdapat  dua  orang yang berselisih dan bersitegang.  Lalu
    seorang  dari  keduanya   membanggakan  leluhurnya   yang
    besar        dari        kalangan        pengikut       kekufuran.        Dia
    menyebutkan   sembilan   moyangnya      dan   berkata,   "Aku
    adalah   fulan   bin   fulan   bin   fulan…"   sampai   sembilan.
    Seterusnya,  dia  mencela  dan  mencibir  lawannya  dengan
    berkata, "Kamu siapa, tidak ada  ibu bagimu?"

    Kebanggaannya       kepada      leluhurnya      dan      cibirannya
    terhadap  lawannya  menunjukkan  adanya  penyakit  busuk
    yang    mengalir    di    dalam    jiwa     orang    seperti    ini.    Dia
    melihat         moyangnya          memberinya          harga          yang
    membuatnya       lebih       tinggi       dari       yang       lain       dan
    menjadikannya  lebih  unggul  dengan  moyang-moyang  itu,
    dan bahwa  selainnya  yang tidak berasal dari asal usul itu
    tidak    mampu    menandinginya     sedikit    pun,    maka     dia
    berada  di level yang lebih rendah.

    Laki-laki  yang  lain  adalah  seorang  yang  shalih  dan  faqih.
    Dia  menjawab  untuk menjelaskan  nasabnya,  "Aku adalah
    fulan   bin   fulan   bin   fulan   bin   Islam."   Kedua   bapaknya
    yang     dibanggakannya      adalah     muslim,    kemudian     dia
    membanggakan          keislamannya          dan         tidak         mau
    membanggakan      leluhurnya     yang     kafir.      Diriwayatkan
    bahwa    hal   ini   terjadi   pada      Salman   Al-Farisi.   Banyak
    orang menyebutkan bapak mereka, Salman ada  di antara
     mereka.    Manakala     giliran    Salman,    dia    berkata,     "Aku
    adalah  anak  Islam."  Manakala   Umar   mendengar   itu  dia
    menangis  dan berkata, "Aku juga anak Islam."

    Rasulullah     menyampaikan     kepada     kita     bahwa     Allah
    mewahyukan     kepada     Musa    untuk    memerintahkannya
    agar   mengatakan  kepada   laki-laki  yang  membanggakan
    leluhurnya      yang      kafir,       "Kamu,     wahai      orang      yang
    menisbatkan    dirimu    kepada    sembilan    orang    yang    di
    Neraka,      maka     kamu     orang     yang     kesepuluh."     Musa
    diperintahkan     untuk    mengatakan     kepada     yang     lain,
    "Kamu,  wahai  orang  yang  bernasab  kepada  dua  orang  di
    Surga, kamu adalah orang ketiga  di Surga."

    Lihatlah       muara       dari       orang      yang      membanggakan
    leluhurnya   yang   kafir   dan   muara   kebaikan  yang   diraih
    oleh laki-laki yang menisbatkan dirinya  kepada  Islam dan
    leluhur    yang    muslim    itu.    Apa    yang    Allah    wahyukan
    kepada      Musa     tentang     perkara      kedua     laki-laki      ini
    menggetarkan hati orang-orang yang takut  kepada  Allah,
    takut     pada     waktu     mereka     berdiri     di    hadapan-Nya.
    Dengan  kisah  ini  Rasulullah  telah  mendidik  dua  laki-laki
    dari    sahabat     yang    menyebutkan    nasabnya.    Kisah    ini
    mengandung  pelajaran  bagi  siapa  pun  yang  berjalan  di
    atas jalan mereka  dan berbuat seperti mereka.

    Membanggakan         leluhur,     mencela    orang    lain    karena
    nasab  mereka  yang  tidak  sebanding  merupakan  penyakit
    berbahaya  yang  mematikan,  menjadikan  jiwa  kotor  dan
    busuk,  mengobarkan  api  permusuhan  dan  kebencian  di
    antara  anggota  masyarakat  yang  satu.  Hal  ini  terkadang
    bisa      menyeret       kepada       pertumpahan       darah       dan
    peperangan  serta  memutuskan  hubungan  di  antara  anak-
    anak   Islam.   Rasulullah   memerangi   penyakit   ini   dengan
    gigih.   Dalam   Sunan   Tirmidzi   dan   Abu  Dawud   dari   Abu



    Hurairah   dari   Nabi   bersabda,   "Hendaknya   suatu   kaum
    menghentikan  membanggakan  bapak-bapak mereka  yang
    telah  mati.  Mereka  hanyalah  termasuk  dalam  panasnya
    Jahannam    atau    akan    menjadi    lebih    hina    bagi    Allah
    daripada   kotoran   yang   ditolak   oleh   orang   yang   buang
    hajat. Sesungguhnya  Allah telah melenyapkan dari kalian
    kesombongan  Jahiliyah  dan  kebanggaan  dengan  leluhur.
    Yang   ada   adalah  seorang   mukmin   yang   bertaqwa   atau
    fajir  yang  sengsara.  Seluruh  manusia  adalah  anak  Adam
    dan Adam dari tanah."73

    Rasulullah     telah    memerintahkan     kepada    kita    supaya
    berkata   keras   kepada   orang   yang   bertakziyah   dengan
    takziyah      Jahiliyah.       Beliau       bersabda,       "Barangsiapa
    bertakziyah         dengan         takziyah         Jahiliyah,         maka
    nisbatkanlah  dia   kepada   kelamin   bapaknya   dan  jangan
    ditutup-tutupi."74

    Fanatisme telah tumbuh dan berkembang biak pada abad
    ini.    Ia     telah     memporak     porandakan      jamaah     kaum
    muslimin.    Ia    telah    menjadi    kapak    penghancur     umat
    Islam.    Ia    telah    merajalela     di    lingkungan    masyarakat
    muslim,       bahkan       masyarakat        manusia.       Fanatisme
    golongan,    fanatisme     kedaerahan,     dan    lebih    dari    itu
    fanatisme  warna  kulit  dan  bahasa.  Fanatisme  seperti  ini
    memicu    api    perang    di    seluruh    dunia.    Manusia    telah
    terbakar   oleh   panasnya,   mereguk   racun   getir   darinya.
    Jika  selain  kaum  muslim  agak  bisa  dimaklumi,  tapi  jika
    mereka   yang   terjerumus   ke   dalam   lumpur   fanatisme,
    lalu apa  yang membuat  kaum muslimin bisa  dimaklumi?



    73 Misykatul Mashabih (2/594 no. 4899).
    74 Misykatul Mashabih (2/594 no. 4902).

    PELAJARAN-PELAJARAN  DAN FAEDAH-FAEDAH HADIS
    1.    Peringatan     Islam    terhadap    fanatisme     busuk    yang
    berpijak      pada      penisbatan      kepada      leluhur      dan
    membanggakan     mereka    dengan    mengikuti    mereka
    dalam  kebatilan  serta   menolong  mereka   yang  tidak
    berada  di atas kebenaran.
    2.    Seseorang      yang      mengikuti      leluhurnya      di      atas
    kebenaran       dan      membantu       kaumnya       di      atas
    kebenaran bukan termasuk  ashabiyah.
    3.    Menangkal     kerusakan      dan     penyimpangan     dengan
    kisah            orang-orang             terdahulu.            Rasulullah
    menyampaikan     kepada     kedua     orang     yang     saling
    membanggakan   dengan   sebuah   kisah   yang   seperti
    kisah       mereka       berdua       supaya       keduanya       bisa
    mengambil pelajaran.


    0 komentar:

    Posting Komentar