Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

wibiya widget

My Blog List

flag counter

daftar menu

Loading...

twiter

Recent Comments

google seacrh


  • Web
  • alwafaalmuttaqiin
  • google translite


    clock

    Recent Posts

    Voting

    My Ballot Box
    Bagaimana Menurutmu blog ku ni ?







    wibiya widget

    Kamis, 01 November 2012

    SKKD AL-QUR’AN HADITS KELAS X ALIYAH




    Kelas X, Semester 1
    STANDAR KOMPETENSI
    KOMPETENSI DASAR
    1. Memahami pengertian al-Qur’an dan bukti keotentikannya

    1.1  Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut para ahli
    1.2  Membuktikan keotentikan al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya.
    1.3  Menunjukkan prilaku orang yang meyakini kebenaran al-Qur’an

    1. Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an
    2.1     Mengidentifikasi isi pokok ajaran al-Qur’an
    2.2     Menunjukkan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an
    2.3     Menjelaskan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an
    2.4     Menerapkan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an

    1. Memahami fungsi al-Qur’an dalam kehidupan
    3.1     Mendeskripsikan fungsi al-Qur’an
    3.2     Menunjukkan  perilaku orang yang menfungsikan al-Qur’an
    3.3     Menerapkan fungsi al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari

    1. Memahami cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur’an
    4.1     Menunjukkan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur’an
    4.2     Menerapkan cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur’an

    1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
    5.1      Mengartikan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QS al-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56
    5.2     Menjelaskan kandungan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56
    5.3     Menerapkan perilaku sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS al-Mu’minuun:12-14; QS an-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56

    1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang demokrasi
    6.1     Mengartikan QS Ali Imraan 159 dan QS asy-Syuura: 38.
    6.2     Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan  159 dan QS asy-Syuura : 38.
    6.3     Menerapkan  perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imraan  159 dan QS Asy-Syuura: 38. dalam kehidupan sehari-hari




    b. Kelas X, Semester 2

    STANDAR KOMPETENSI
    KOMPETENSI DASAR
    1. Memahami istilah-istilah hadis
    1.1  Mendefinisikan pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.
    1.2  Membandingkan pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.
    1.3   Menerapkan pengertian hadis, sunnah (sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dan sunnah taqririyah), khabar, atsar dan hadis qudsi.

    2        Memahami sanad dan matan hadis
    2.1   Menjelaskan pengertian sanad dan matan.
    2.2   Menerapkan pengertian sanad dan matan dalam hadis.

    3        Mendeskripsikan fungsi hadis terhadap al-Qur’an
    3.1  Menjelaskan fungsi hadis terhadap al-Qur’an
    3.2   Menunjukkan contoh fungsi hadis terhadap al-Qur’an.
    3.3   Menerapkan fungsi hadis terhadap al-Qur’an.

    4           Memahami pembagian hadis dari segi kuantitas dan kualitasnya.
    4.1  Menjelaskan pembagian hadis dari segi kuantitasnya.
    4.1     4.2 Menjelaskan pembagian hadis dari segi kualitasnya

    5           Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
    5.1  Mengartikan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

    5.2  Menjelaskan kandungan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

    5.3  Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

    5.4  Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti yang terkandung dalam QS  al-An’aam: 162-163 ; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah




    0 komentar:

    Poskan Komentar