Pages

Pages

Pages

Pages - Menu

Sabtu, 09 Juni 2012

ORANG YANG MEMBANGGAKAN NENEK MOYANGNYA YANG KAFIR

ORANG YANG MEMBANGGAKAN NENEK
MOYANGNYA YANG KAFIR



PENGANTAR
Ini  adalah  kisah  dua  orang  laki-laki.  Salah  seorang  dari
keduanya   menyombongkan  diri  dengan  leluhurnya   yang
kafir. Dia  menisbatkan diri kepada  sembilan  leluhur, dan
semuanya    kafir.      Orang     kedua    membanggakan     nenek
moyangnya  yang  muslim  dan  penisbatan  dirinya  kepada
Islam.  Maka   Allah  membinasakan  amal  orang  pertama.
Dia    dikumpulkan   bersama     leluhurnya    di   Neraka.   Dan
Allah          menyelamatkan           orang          kedua,          dengan
mengumpulkannya  bersama  leluhurnya di Surga.


NASH HADIS
Ahmad  meriwayatkan  dalam  Musnad-nya   dari  Ubay   bin
Kaab     berkata,     "Ada     dua     orang     yang     menyebutkan
nasabnya  pada  zaman Rasulullah. Salah seorang berkata,
'Aku  adalah  fulan  bin  fulan.  Lalu  kamu  siapa,  tidak  ada
ibu   bagimu?"   Rasulullah   pun   bersabda,   "Ada   dua   orang
yang  menyebut   nasab  mereka   pada   zaman  Musa.  Salah
seorang dari mereka  berkata, 'Aku adalah fulan bin  fulan
(sampai  dia  menyebut  sembilan  orang  leluhurnya).  Lalu
kamu siapa,. tidak ada  ibu bagimu?'  Yang lain menjawab,
'Aku   adalah   fulan   bin   fulan   bin   Islam.'   Nabi   bersabda,
"Lalu  Allah  mewahyukan  kepada  Musa  tentang  dua  orang
yang     membanggakan     nasab     mereka     berdua.     ''Kamu,
wahai  orang  yang  menisbatkan  dirimu  kepada  sembilan
leluhur,     semuanya     di    Neraka     dan    kamu    orang    yang
kesepuluh. Adapun kamu,  wahai orang yang menisbatkan
dirimu  kepada   dua   orang  di  Surga,  maka   kamu  adalah
orang ketiga  yang di Surga."


TAKHRIJ  HADIS
Hadis   ini   diriwayatkan  oleh  Ahmad  dalam  Musnad-nya,
5/128. Al-Albani dalam Silsilah Ahadis  Shahihah (3/265),
no.  1270  menisbatkannya  kepada  Ahmad  dalam  Musnad-
nya,  Adh-Dhiya'  dalam  Al-Mukhtarah  dan  Baihaqi  dalam
Syuabul    Iman.    Albani    berkata,     "Ini    sanadnya    shahih.
Rawi-rawi  adalah  rawi-rawi  Syaikhain,  kecuali  Yazid  bin
Abu Ziyad bin Abul Jaad. Dia  tsiqah."


PENJELASAN  HADIS
Tuhan  kita  memberitahukan  tentang  hakikat  besar  yang
memiliki       pengaruh        mendalam        pada        masyarakat
seluruhnya.   Dia     memberitahu   kita     bahwa    kita   semua
kembali   kepada   satu   asal   usul,   bapak   yang   satu.   Asal
usul  kita  yang  darinya  kita  diciptakan  adalah  tanah,  dan
bapak kita  semua adalah Adam, "Kalian semua dari Adam
dan Adam dari tanah."

Oleh karena  itu tidak ada  keistimewaan bagi ras  tertentu
dengan  melihat   asal  usul  dari  mana   ia   diciptakan.  Apa
yang  diklaim  bahwa  ras  ini  dari  keturunan  Tuhan,  atau
bangsa   atau   suku   ini   memiliki   darah   biru.   Semua   itu
adalah   kebohongan   dan   kedustaan.   Kebatilannya   tidak
kurang  dari  klaim  yang  menyatakan  bahwa  asal  usulnya
adalah  emas   atau  perak,  sementara   manusia   yang  lain
berasal      dari     tanah     atau     besi     atau     tembaga     atau
kuningan.

Hakikat  ini,  yaitu  bahwa  manusia  berasal  dari  asal  usul
yang  satu,  jika  orang-orang  bisa  meyakininya,  maka  hal
ini    menjadikan     mereka     bersikap    tawadhu'     di    antara
sesama,  sebagian  tidak  sewenang-wenang  kepada   yang
lain   meski   jenis,   warna,   dan   negara   mereka   berbeda-
beda. Perbedaan di antara  manusia dalam bentuk, warna
dan   perbedaan   mereka   menjadi   berbangsa-bangsa   dan
bersuku-suku bukan kembali kepada  keunggulan sebagian
di  atas   sebagian  yang  lain,  akan  tetapi  itu  merupakan
salah   satu   tanda   kekuasaan   Allah   agar   manusia   saling
mengenal   dengan   identitas   masing-masing.   Seandainya
seluruh    manusia     berparas      satu    dan     bernama     satu,
niscaya      mereka      tidak      bisa      saling      mengenal      dan
membedakan.  Allah  yang  Maha  Benar  telah  menetapkan
hakikat     besar     ini    pada     firman-Nya,      "Hai     manusia,
sesungguhnya  Kami  menciptakan kamu dari  seorang laki-
laki     dan    seorang     perempuan    dan    menjadikan     kamu
berbangsa-bangsa  dan  bersuku-suku  supaya  kamu  saling
kenal mengenal." (QS. Al-Hujurat: 13)

Akan  tetapi,  hakikat  besar  ini  yang  semestinya  menjadi
landasan   interaksi   di   antara   anggota   satu   ras   dan   di
antara     ras-ras     dan    bangsa-bangsa      sedang     berangsur
menghilang dari hati dan akal pikiran. Maka, kita  melihat
manusia  dalam  level  pribadi,  keluarga  dan  masyarakat,
yang    sebagian     bertindak     sewenang-wenang      terhadap
yang   lain.   Masing-masing   mengklaim   bahwa   dia   lebih
baik,  lebih  unggul,  dan  lebih  sempurna.  Keunggulan  ini
dikembalikan  kepada  jenisnya  atau  warna  kulitnya  atau
leluhurnya       atau      kotanya       atau      negaranya.       Kamu
 
melihatnya  berpijak kepada  hal ini dengan memuji orang
yang   menisbatkan   diri   kepada   mereka,  membanggakan
mereka,  dan  mencela  yang  lain.  Dan  terkadang  terjadi
perang   yang   ganas   hingga   memakan   segalanya,   hanya
demi   membela    fanatisme    Jahiliyah    yang    dilandaskan
kepada  asal usul yang busuk dan kotor.

Seseorang  tidak  lebih  baik  dari  lainnya  dalam  timbangan
Islam            dengan            ketinggiannya,             kegagahannya,
ketampanannya,      warnanya,      kabilahnya,      dan    tempat
tinggalnya.     Keunggulan     dalam    Islam    kembali    kepada
ketaqwaan     dan    kebaikan.     "Sesungguhnya    orang    yang
paling  mulia  di  antara  kamu  di  sisi  Allah  adalah  orang
yang  paling  bertaqwa  di  antara  kamu."  (QS.  Al-Hujurat:
13)

Manusia      mulia     dengan     kemuliaan      leluhurnya      yang
bertaqwa,  jika   dia   mencintai  mereka,  berjalan  di  atas
jalan  mereka  dan  melakukan  apa  yang  mereka  lakukan,
sebagaimana     diucapkan   oleh   orang   yang   mulia,   anak
orang  yang   mulia,   anak   orang   yang   mulia,   anak   orang
yang  mulia  Yusuf  bin  Ya'qub  bin  Ishaq  bin  Ibrahim,  "Dan
aku mengikuti  agama  bapak, bapakku Ibrahim, Ishaq dan
Ya'qub." (QS. Yusuf: 38)

Adapun   membanggakan   leluhur      yang   kafir,   pemimpin
yang  fajir,  dan  kepemimpinan  yang  menebar  kerusakan
di   bumi,   semua   itu   merupakan   kebatilan,   juga   potret
penyimpangan          seseorang          dalam          pemikirannya,
asumsinya, dan perbuatannya.

Ubay    bin   Kaab   memberitahukan   kepada       kita    tentang
salah  satu  bentuk  kebatilan  ini  yang  terjadi  pada  masa
Rasulullah. Dua  orang berselisih, maka  salah seorang dari
keduanya  membanggakan  kebesaran  asal  usul  nasabnya,
 menyodorkan      leluhur     dan     nenek     moyangnya,      dan
mencibir   temannya   dengan   ucapan,   "Aku   adalah   fulan
bin fulan. Lalu kamu itu siapa, tidak ada  ibu bagimu?"
Maka   Rasulullah   menyuapi   orang   yang   membanggakan
leluhurnya  yang  kafir  ini  dengan  sebuah  pelajaran  yang
membuatnya    jera.   Orang   sepertinya   akan   jera        untuk
mengulangi   kebatilan   ini.   Nabi   menyampaikan   kepada
mereka  bahwa  di  kalangan  Bani  Israil  pada  zaman  Musa
terdapat  dua  orang yang berselisih dan bersitegang.  Lalu
seorang  dari  keduanya   membanggakan  leluhurnya   yang
besar        dari        kalangan        pengikut       kekufuran.        Dia
menyebutkan   sembilan   moyangnya      dan   berkata,   "Aku
adalah   fulan   bin   fulan   bin   fulan…"   sampai   sembilan.
Seterusnya,  dia  mencela  dan  mencibir  lawannya  dengan
berkata, "Kamu siapa, tidak ada  ibu bagimu?"

Kebanggaannya       kepada      leluhurnya      dan      cibirannya
terhadap  lawannya  menunjukkan  adanya  penyakit  busuk
yang    mengalir    di    dalam    jiwa     orang    seperti    ini.    Dia
melihat         moyangnya          memberinya          harga          yang
membuatnya       lebih       tinggi       dari       yang       lain       dan
menjadikannya  lebih  unggul  dengan  moyang-moyang  itu,
dan bahwa  selainnya  yang tidak berasal dari asal usul itu
tidak    mampu    menandinginya     sedikit    pun,    maka     dia
berada  di level yang lebih rendah.

Laki-laki  yang  lain  adalah  seorang  yang  shalih  dan  faqih.
Dia  menjawab  untuk menjelaskan  nasabnya,  "Aku adalah
fulan   bin   fulan   bin   fulan   bin   Islam."   Kedua   bapaknya
yang     dibanggakannya      adalah     muslim,    kemudian     dia
membanggakan          keislamannya          dan         tidak         mau
membanggakan      leluhurnya     yang     kafir.      Diriwayatkan
bahwa    hal   ini   terjadi   pada      Salman   Al-Farisi.   Banyak
orang menyebutkan bapak mereka, Salman ada  di antara
 mereka.    Manakala     giliran    Salman,    dia    berkata,     "Aku
adalah  anak  Islam."  Manakala   Umar   mendengar   itu  dia
menangis  dan berkata, "Aku juga anak Islam."

Rasulullah     menyampaikan     kepada     kita     bahwa     Allah
mewahyukan     kepada     Musa    untuk    memerintahkannya
agar   mengatakan  kepada   laki-laki  yang  membanggakan
leluhurnya      yang      kafir,       "Kamu,     wahai      orang      yang
menisbatkan    dirimu    kepada    sembilan    orang    yang    di
Neraka,      maka     kamu     orang     yang     kesepuluh."     Musa
diperintahkan     untuk    mengatakan     kepada     yang     lain,
"Kamu,  wahai  orang  yang  bernasab  kepada  dua  orang  di
Surga, kamu adalah orang ketiga  di Surga."

Lihatlah       muara       dari       orang      yang      membanggakan
leluhurnya   yang   kafir   dan   muara   kebaikan  yang   diraih
oleh laki-laki yang menisbatkan dirinya  kepada  Islam dan
leluhur    yang    muslim    itu.    Apa    yang    Allah    wahyukan
kepada      Musa     tentang     perkara      kedua     laki-laki      ini
menggetarkan hati orang-orang yang takut  kepada  Allah,
takut     pada     waktu     mereka     berdiri     di    hadapan-Nya.
Dengan  kisah  ini  Rasulullah  telah  mendidik  dua  laki-laki
dari    sahabat     yang    menyebutkan    nasabnya.    Kisah    ini
mengandung  pelajaran  bagi  siapa  pun  yang  berjalan  di
atas jalan mereka  dan berbuat seperti mereka.

Membanggakan         leluhur,     mencela    orang    lain    karena
nasab  mereka  yang  tidak  sebanding  merupakan  penyakit
berbahaya  yang  mematikan,  menjadikan  jiwa  kotor  dan
busuk,  mengobarkan  api  permusuhan  dan  kebencian  di
antara  anggota  masyarakat  yang  satu.  Hal  ini  terkadang
bisa      menyeret       kepada       pertumpahan       darah       dan
peperangan  serta  memutuskan  hubungan  di  antara  anak-
anak   Islam.   Rasulullah   memerangi   penyakit   ini   dengan
gigih.   Dalam   Sunan   Tirmidzi   dan   Abu  Dawud   dari   Abu



Hurairah   dari   Nabi   bersabda,   "Hendaknya   suatu   kaum
menghentikan  membanggakan  bapak-bapak mereka  yang
telah  mati.  Mereka  hanyalah  termasuk  dalam  panasnya
Jahannam    atau    akan    menjadi    lebih    hina    bagi    Allah
daripada   kotoran   yang   ditolak   oleh   orang   yang   buang
hajat. Sesungguhnya  Allah telah melenyapkan dari kalian
kesombongan  Jahiliyah  dan  kebanggaan  dengan  leluhur.
Yang   ada   adalah  seorang   mukmin   yang   bertaqwa   atau
fajir  yang  sengsara.  Seluruh  manusia  adalah  anak  Adam
dan Adam dari tanah."73

Rasulullah     telah    memerintahkan     kepada    kita    supaya
berkata   keras   kepada   orang   yang   bertakziyah   dengan
takziyah      Jahiliyah.       Beliau       bersabda,       "Barangsiapa
bertakziyah         dengan         takziyah         Jahiliyah,         maka
nisbatkanlah  dia   kepada   kelamin   bapaknya   dan  jangan
ditutup-tutupi."74

Fanatisme telah tumbuh dan berkembang biak pada abad
ini.    Ia     telah     memporak     porandakan      jamaah     kaum
muslimin.    Ia    telah    menjadi    kapak    penghancur     umat
Islam.    Ia    telah    merajalela     di    lingkungan    masyarakat
muslim,       bahkan       masyarakat        manusia.       Fanatisme
golongan,    fanatisme     kedaerahan,     dan    lebih    dari    itu
fanatisme  warna  kulit  dan  bahasa.  Fanatisme  seperti  ini
memicu    api    perang    di    seluruh    dunia.    Manusia    telah
terbakar   oleh   panasnya,   mereguk   racun   getir   darinya.
Jika  selain  kaum  muslim  agak  bisa  dimaklumi,  tapi  jika
mereka   yang   terjerumus   ke   dalam   lumpur   fanatisme,
lalu apa  yang membuat  kaum muslimin bisa  dimaklumi?



73 Misykatul Mashabih (2/594 no. 4899).
74 Misykatul Mashabih (2/594 no. 4902).

PELAJARAN-PELAJARAN  DAN FAEDAH-FAEDAH HADIS
1.    Peringatan     Islam    terhadap    fanatisme     busuk    yang
berpijak      pada      penisbatan      kepada      leluhur      dan
membanggakan     mereka    dengan    mengikuti    mereka
dalam  kebatilan  serta   menolong  mereka   yang  tidak
berada  di atas kebenaran.
2.    Seseorang      yang      mengikuti      leluhurnya      di      atas
kebenaran       dan      membantu       kaumnya       di      atas
kebenaran bukan termasuk  ashabiyah.
3.    Menangkal     kerusakan      dan     penyimpangan     dengan
kisah            orang-orang             terdahulu.            Rasulullah
menyampaikan     kepada     kedua     orang     yang     saling
membanggakan   dengan   sebuah   kisah   yang   seperti
kisah       mereka       berdua       supaya       keduanya       bisa
mengambil pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar